Rabu, 29 Juli 2015

Pesona 9 Air Terjun di Lombok

Konsekwensi lumrah dari lokasi yang memiliki lokasi pegunungan serta bukit yaitu ada air terjun yang indah. Air terjun terus jadi destinasi wisata yang menarik di antara tempat wisata yang lain. Begitupun di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sekurang-kurangnya ada 9 air terjun yang sering dikunjungi pelancong. Kesegaran air serta keindahan alamnya bikin air terjun terus jadi primadona wisata.

1. Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile memiliki tinggi seputar 35 mtr.. Airnya yang jernih serta dingin bikin wisatawan senantiasa menggunakan saat untuk mandi serta bermain di sungai yang menyimpan limpahan air dari bukit. Keindahan ini di dukung dengan aneka pohon serta tumbuhan yang berjajar di selama mata melihat. Tempat air terjun ini tidaklah terlampau jauh, Anda cuma bakal menggunakan saat seputar 15 menit dari jalur treking menuju Gunung Rinjani. Jalanan menuju air terjun telah diatur sekian rupa hingga Anda tak perlu cemas bakal kesasar. Sekurang-kurangnya ada 500 anak tangga yang perlu dilalui saat sebelum pada akhirnya melihat keindahan Sendang Gile. Senang bermain air serta rasakan kesejukannya, Anda dapat sambil isi perut. Ada Rumah Makan Senaru yang sediakan aneka makanan. Dari pondokan rumah makan ini Anda terus dapat melihat derasnya air terjun. Seperti banyak obyek wisata yang lain, air terjun Sindang Gile juga menaruh cerita legenda. Konon airnya bila digunakan untuk mandi serta membersihkan muka bakal bikin kita awet muda.

2. Air Terjun Tiu Pupas
air terjun tiu pupas

air terjun tiu pupas

Air terjun Tiu Pupas ada di dusun Kerurak, desa Genggaleng, kecamatan Gangga. Air terjun ini mempunyai ketinggian seputar 50 m dengan kedalaman kolam 4 m serta luas 100 m persegi. “Tiu” berarti genangan air dalam jumlah yang besar, sedang “Pupas” berarti suatu akar yang tumbuh dari suatu pohon yang umumnya hidup di tebing-tebing sungai serta daerah pegunungan yang tinggi. Di sini Anda bakal lihat pemandangan pegunungan yang sangatlah indah. Selama mata melihat yaitu tumbuh-tumbuhan hijau yang menyejukkkan mata. Tempat ini masih tetap sepi lantaran belum banyak wisatawan tahu hingga fasilitasnya juga tak mencukupi. Tetapi lantaran tidak sering yang nikmati Tiu Pupas malah jadikan tempat ini menarik. Anda dapat bermain sepuasnya dengan rekan atau kerabat tidak ada yang mengganggu.

3. Air Terjun Tiu Kelep
air terjun tiu kelep

air terjun tiu kelep traveldetik

Tiu Kelep yang terdapat di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Tidak sama dengan Tiu Pupas, air terjun Tiu Kelep mempunyai ketinggian 42 mtr. serta bertingkat-tingkat. Airnya cukup deras serta besar. Tetapi kolam yang ada di bawahnya tak demikian dalam, cuma sepinggang orang dewasa. Basic kolam lembut, hingga mempermudah pengunjung untuk berenang. Dalam bhs Sasak “Kelep” berarti “terbang”. Hingga nama ini mau melukiskan keadaan air terjun yang buih-buih airnya berterbangan di kolam. Banyak yang yakin, bahwa dengan mandi memakai air Tiu Kelep bakal bikin Anda awet muda. Air terjun Tiu Kelep berjarak lebih kurang 60 km dari Mataram.

4. Air Terjun Batara Lejang

Air terjun Batara Lejang. Tempatnya ada di hulu atas dari air terjun Sendang Hilang ingatan serta Tiu Kelep. Tempat ini masih tetap sangatlah alami, hingga sedikit yang berkunjung ke. Walau bagaimanapun bukanlah bermakna tempat wisata ini tak memiliki daya tarik. Di Batara Lejang ada sumber air panas yang jernih. Anda dapat menghangatkan tubuh plus relaksasi di titik ini. Untuk meraih air terjun Batara Lejang Anda mesti melalui jalur pendakian ke Gunung Rinjani. Perjalanan dari pos kontrol pertama hingga pintu rimba dapat ditempuh kurun waktu 30 menit. Setelah itu dari pintu itu ada jalan setapak menuju Batara Lejang.

5. Air Terjun Tiu Teja

Air Terjun Tiu Teja ada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Namanya Tiu Teja yang berarti “pelangi”. Ketinggian air terjun Tiu Teja seputar 40 mtr. dengan lebar 10 mtr.. Di sekitar tempat ini ditumbuhi tumbuh-tumbuhan yang asri serta lebat. Di bawah air terjun ini ada kolam kecil yang dapat dipakai untuk berenang serta bermain. Tempat air terjun ini berjarak 35 km dari Bangsal. Meski akses menuju tempat ini gampang, namun baiknya memakai kendaraan pribadi atau sewaan lantaran tak ada kendaraan umum.

6. Air Terjun Jeruk Manis/Air Terjun Jukut

Air terjun Jeruk Manis ini mempunyai ketinggian seputar 40 mtr. dengan curah air yang sangatlah besar serta jernih. Tempat wisata yang beri kesegaran ini ada di kaki gunung Rinjani tepatnya di samping selatan lokasi konservasi Taman Nasional Gunung Rinjani. Menurut cerita yang turun temurun, air terjun ini diakui bisa menolong mengobati beragam penyakit terlebih juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Untuk penyembuhan penyakit, umumnya dikerjakan dengan ritual tradisional yang di pimpin oleh seseorang Pemangku. Untuk yang mau sebatas bermain, Anda dapat berenang sepuasnya di sini. Air terjun Jukut adalah titik awal yang umum dipakai beberapa pendaki untuk naik ke Puncak Rinjani, oleh karena itu bila Anda mau ke sini, Anda mesti jalan kaki sepanjang satu 1/2 jam dari Tetebatu. Dengan panorama alam yang indah, perjalanan Anda akan tidak merasa melelahkan.

7. Air Terjun Joben

Air terjun Joben dimaksud dengan juga air terjun Otak Kokok Gading mempunyai ketinggian terjunan air seputar 5 mtr.. Airnya keluar dari akar pohon Banjur yang berusia beberapa ratus th.. Air terjun Joben bermanfaat mengobati penyakit. Bila buih air yang menyentuh tubuh kita beralih warna jadi putih, berarti tubuh kita terserang penyakit. Joben terdapat di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Keindahan alam air terjun Joben tidak diragukan lagi serta sejajar dengan air terjun yang lain di Lombok. Itu kenapa banyak wisatawan yang berkunjung ke destinasi ini.

8. Air Terjun Geripak

Air terjun Geripak ada di ketinggian 500 mtr. dpl. Beberapa penggemar alam umumnya lewat rute dari desa Dopang, diteruskan dengan menelusuri punggung bukit Segembong. Sesampainya di Berugak Elen Anda dapat sembari lihat panorama yang memesona. Tampak hamparan sawah yang hijau, pantai Ampenan, serta sudut-sudut indah lain di Lombok. Tempat air terjun ini sangatlah indah. Airnya khas pegunungan, bersih serta jernih. Kita dapat bermain serta mandi dibawah siraman air terjun Geripak. Obyek wisata ini pas untuk kita yang sehari-hari repot bekerja serta mau nikmati indahnya alam pegunungan. Air terjun Geripak bikin pikiran serta tubuh jadi fresh kembali serta siap melakukan kesibukan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar